Labels

Arti Peribahasa Menurut KBBI



Di bawah ini akan dijelaskan arti kata peribahasa dan beberapa kata yang terkait dengan kata peribahasa. Arti dan penjelasan ini berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Balai Pustaka, 2002).

Arti Peribahasa
Peribahasa berarti:
  1. Kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu.
  2. Ungkapan atau kalimat  ringkas  padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.
Yang termasuk dalam peribahasa adalah: bidal, pepatah, ungkapan, dan perumpamaan.

Arti Bidal
Bidal berarti peribahasa atau pepatah yang mengandung nasihat, peringatan, sindiran, dan lain sebagainya.

Arti  Pepatah
Pepatah berarti peribahasa yang mengandung nasihat atau ajaran dari orang tua-tua, yang biasanya dipakai atau diucapkan untuk mematahkan lawan bicara. Contoh: Tong kosong nyaring bunyinya, orang yang tak berilmu banyak bualnya.

Arti Ungkapan
Ungkapan berarti kelompok kata atau gabungan kata yang menyatakan makna khusus, yang makna unsur-unsurnya seringkali menjadi kabur.

Arti Perumpamaan
Perumpamaan berarti peribahasa yang berupa perumpamaan (ibarat). Contoh: “Bagai anak ayam kehilangan induk”, perumpamaan untuk seseorang yang sedang mengalami kebingungan.

Arti Kiasan
Dalam konteks peribahasa, kiasan berarti perumpamaan atau ibarat.

Demikianlah, arti dan penjelasan mengenai kata peribahasa dan beberapa kata yang terkait dengannya, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Balai Pustaka, 2002).

No comments :

Lihat Juga Arti Peribahasa Berikut Ini: